Minggu, 17 Juli 2011

Ditaklukkan Thailand, Timnas U-13 Gagal Pertahankan Trofi ASEAN Cup

Tim nasional Indonesia U-13 akhirnya gagal mempertahankan gelar juara ASEAN Cup U-13 setelah takluk oleh timnas Thailand I di final yang digelar hari ini (17/07) di yamaha stadium, kandang klub Thailand Muangthong United.

Pada pertandingan final yang disaksikan oleh 3000 pendukung tuan rumah Thailand tersebut, skuad Indonesia U-13 gagal mengulang hasil final tahun lalu, dimana skuad Garuda muda menang atas Thailand, dan menyerah dengan skor tipis 2-1.

Skuad Indonesia sebenarnya tampil sangat mengesankan, skuad Garuda muda bahkan berhasil unggul terlebih dahulu di babak pertama. Namun, petaka terjadi di menit akhir babak pertama, salah satu pemain Indonesia diusir oleh wasit sehingga Indonesia harus bermain dengan sepuluh pemain.

Pada babak kedua Indonesia terpaksa bermain defensif karena kalah dalam jumlah pemain, dan hal tersebut dimanfaatkan Thailand untuk terus menggempur Indonesia. Hasilnya, lini pertahanan Indonesia melakukan kesalahan dan membuat tuan rumah mendapatkan hadiah tendangan penalti yang akhirnya membuat kedudukan menjadi imbang 1-1. Dan di sisa waktu yang ada, akhirnya Thailand mencetak gol tambahan dan membuat mereka keluar menjadi juara ASEAN Cup U-13 2011.

Penyerahan trofi juara diserahkan langsung oleh Robbie Fowler yang turut menonton partai tersebut, legenda Liverpool yang kini membela Muangthong United tersebut juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada Thailand dan Indonesia yang telah berjuang keras di partai puncak ASEAN Cup U-13 2011.

Seperti yang diketahui, Indonesia berhasil melaju ke final setelah menjadi juara grup B di babak penyisihan dan menaklukkan Vietnam di babak semi-final. Pada grup B, Indonesia tergabung bersama tuan rumah timnas Thailand II dan negara jiran Malaysia.

Pada pertandingan pertama menghadapi Thailand II, Indonesia berhasil menahan imbang tuan rumah ASEAN Cup CUP U-13 tersebut dengan skor kacamata atau tanpa gol.

Setelah itu di pertandingan kedua, Indonesia menunjukkan keperkasaan mereka sebagai juara bertahan dengan melumat Malaysia dengan skor empat gol tanpa balas. Hasil tersebut membawa Garuda menjadi juara grup B karena unggul selisih gol dari tuan rumah Thailand II.

Berhasil menjadi juara grup B membuat Indonesia menghadapi runner-up grup A Vietnam di semi-final, sementara di semi-final lain terjadi 'perang saudara' antara Thailand I menghadapi Thailand II. Menghadapi Vietnam Indonesia kembali menunjukkan ketangguhan mereka, di babak pertama Indonesia berhasil unggul dengan skor 2-0 dan pada babak kedua (yang digelar keesokan harinya karena ditunda akibat hujan deras) Indonesia menambah dua gol lagi sehingga kedudukan berakhir dengan skor 4-0.

Dan dengan keluarnya Thailand sebagai juara ASEAN Cup 2011 membuat turnamen tersebut selalu dimenangi oleh tuan rumah semenjak pertama kali digulirkan tahun 2008 silam.
ASEAN Cup telah digelar tiga kali di tiga tempat yang berbeda, dan semuanya berhasil dijuarai oleh tuan rumah turnamen tersebut. ASEAN Cup digelar pertama kali di Vietnam pada tahun 2008 dan timnas Vietnam akhirnya keluar sebagai juara. Tahun 2010, Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Cup kedua dan skuad Garuda juga keluar menjadi juara. Dan di tahun ini, di pergelaran ASEAN Cup ketiga, Thailand yang bertindak sebagai tuan rumah akhirnya juga keluar sebagai juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar