Selasa, 25 Oktober 2011

Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Timor Leste

Timnas Indonesia U-23 mampu membuktikan bahwa mereka telah siap untuk mengikuti ajang SEA Games pada bulan November mendatang, setelah mampu mencukur Timor Leste dengan skor telak 5-0, meskipun pada babak kedua permainan timnas Indonesia terlihat menurun. Empat gol dicetak oleh Indonesia di babak pertama melalui Abdul Rahman, Ferdinand Sinaga, Patrick Wanggai dan Egi Melgiansyah. Sementara itu, gol penutup dicetak oleh Syamsir Alam di menit ke-72.

Indonesia langsung unggul cepat melalui tandukan Abdul Rahman di menit ke-enam memanfaatkan tendangan sudut yang dieksekusi oleh Joko Sasongko.

Memperoleh momentum, satu menit kemudian Indonesia kembali menunjukkan ketajamannya. Kali ini Ferdinand Sinaga yang lolos dari jebakan offside berhasil menaklukkan kiper Timor Leste melalui tendangan kerasnya di kotak penalti dan membuat kedudukan menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol dengan cepat, membuat Timor Leste mencoba tampil menyerang untuk memperkecil ketinggalan. Pada menit ke-14 Da Silva dengan cerdik melewati hadangan bek-bek Indonesia, beruntung tendangannya masih lemah sehingga dapat diantisipasi dengan baik oleh Andritany.

Timnas Indonesia kembali memperlebar jarak menjadi 3-0 di menit ke-17 melalui eksekusi tendangan penalti Patrcik Wanggai. Penalti itu sendiri diberikan setelah Oktovianus Maniani dilanggar bek Timor Leste di dalam kotak terlarang.

Indonesia kembali membuat suporter di stadion Gelora Bung Karno histeris setelah Egi Melgiansyah dengan sukses mengeksekusi tendangan penalti di menit ke-21. Penalti kedua untuk Indonesia tersebut didapat setelah bek Timot Leste melanggar Andik Vermansyah di kotak penalti.

Indonesia memperoleh dua peluang emas pada menit ke-26 dan ke-30, namun sayang penyelesaian Andik dan Patrick Wanggai gagal menemui sasaran meskipun mereka hanya tinggal berhadapan dengan kiper.

Timor Leste yang kesulitan menembus lini pertahan Indonesia, mencoba untuk memperkecil kedudukan melalui tendangan-tendangan jarak jauh. Namun, sigapnya lini pertahanan Indonesia mampu mematahkan peluang-peluang Timor Leste, kedudukan 4-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Indonesia menurunkan dua pemain binaan SAD Uruguay yaitu Syamsir Alam dan Yericho Christiantoko. Indonesia memperoleh peluang pertama melalui striker Persisam Samarinda, Yongki Aribowo, namun sayang tendangannya masih jauh melambung di atas gawang Timor Leste.

Menit ke-49, Timor Leste balik memperoleh peluang. Melalui tendangan bebas dari jarak yang ideal, Andritany dipaksa dengan susah payah menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Peluang Timor Leste untuk menyamakan kedudukan semakin berat setelah salah satu pemain mereka, Wellington, harus diusir ke luar lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-57.

Unggul jumlah pemain, Indonesia meningkatkan intensitas serangan. Pada menit ke-63, aksi individu Hasyim Kipuw hampir merobek jala Timor Leste untuk kelima kalinya, sayang tendangannya masih melenceng di sisi kanan gawang lawan.

Indonesia akhirnya berhasil memperlebar kedudukan menjadi 5-0 di menit ke-72. Gol kelima timnas dicetak oleh Syamsir Alam yang menyambar bola rebound tembakan Yongki yang tertahan di depan gawang Timor Leste.

Di bawah hujan deras yang mulai mengguyur lapangan, Timor Leste mulai mencoba untuk lebih menekan pertahanan Indonesia. Beberapa peluang yang Timor Leste ciptakan berhasil merepotkan kiper timnas U-23, namun tidak ada gol yang tercipta sehingga kedudukan 5-0 menjadi kedudukan akhir uji coba ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar